Pembahasan dalam penelitian
Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat
keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar sisiwa, maka penulis akan
membahas tentang hasil analisis data. Pengujian hipotesis dan pembahasan hasil
supaya data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka penyusunan
instrumen penelitiannya adalah dengan memecah variabel dan indikatornya,
kemudian menjadi item-item pertayaan (data kualitatif)
Sebagaimana di atas sudah dijelaskan, bahwa proses
pengumpulan data untuk tingkat keharmonisan keluarga dengan menggunakan penyebaran
angket 41 responden, sedangkan untuk prestasi belajar siswa dalam bidang studi
akidah akhlak penulis mengambil dokumen dari nilai-nilai siswa MTs Al-Anwar pacolgowang diwek jombang.
Kemudian setelah data terkumpul, maka penulis mencoba
untuk menganalisis sehingga data tersebut dapat membuktikan hipotesis yang
telah di rencanakan, dan akan di fokuskan pada penjelasan terhadap rumusan
masalah yang telah di kemukakan pada diskripsi data. Adapun uraianya sebagai
berikut:
Berdasarkan tabel 4. 5 (tentang tingkat keharmonisan
keluarga) di atas telah diketahui dari 41 siswa sampel, ternyata dari hasil
nilai pengisian angket siswa berjumlah: 2979 kemudian di bagi responden 41
siswa akan menghasilkan nilai rata-rata: 73. sedangkan prestasi belajar siswa dalam
bidang studi akidah akhlak di MTs Al-Anwar berdasarkan tabel 4.6 dari nilai
dokumen berjumlah: 3880 kemudian di bagi responden 41 siswa aklan menghasilkan
nilai rata-rata: 95.
Dengan demikian dapat di tarik kesimpulan bahwa
tingkat keharmonisan keluarga dan prestasi belajar siswa bidang studi akidah
akhlak di MTs A-Anwar pacolgowang diwek jombang adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil pengisian angket tentang tingkat
keharmonisan keluarga tersebut,
menunjukan nilai rata-rata antara: 80 - 70 sehingga dapat dikatagorikan baik
sekali. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
tingkat keharmonisan keluarga siswa-siswi MTs Al-Anwar pacolgowang diwek
jombang tahun: 2007-2008 adalah: Baik Sekali.
2. Berdasarkan tabel 4.6 dari dokumen
siswa MTs Al-Anwar tentang prestasi belajar siswa bidang studi akidah akhlak
menunjukan nilai rata-rata : 90 – 99. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa bidang studi akidah akhlak di MTs
Al-Anwar pacolgowang diwek jombang tahun: 2007-2008 adalah: Baik Sekali.
Dan pada rumusan
masalah yang dipertanyakan tentang adakah pengaruh yang signifikan antara
tingkat keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa bidang studi akidah
akhlak di MTs A-Anwar Pacolgowang Diwek Jombang Tahun: 2007-2008,
berdasarkan
tabel 4.7 dan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi prodck moment dapat
di ketahui bahwa rxy = 1,.2498.
dengan interprestasi menggunakan tabel nilai “r” produck moment N. 41 pada
signifikasi 5% di peroleh “r” tabel = 0, 308, dan pada signifikasi 1% di
peroleh ‘r’ tabel = 0, 398. dengan demikian r hit > r tabel dalam taraf signifikan 5% dan 1% oleh karena itu maka hipotesis Nihil (Ho) di
tolak, dan Hipotesis alternatif (Hi) di trima, berarti: “ Terdapat Pengaruh Positif yang
Signifikan Antara Tingkat Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa
Bidang Studi Akidah Akhlak di MTs Al-Anwar Pacolgowang Diwek Jombang Tahun:
2007-2008.”.