.post-body { line-height:1.8em; letter-spacing: 0.1px; }

Monday, December 28, 2015

Contoh pembahasan dalam penelitian

   Pembahasan dalam penelitian 
Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar sisiwa, maka penulis akan membahas tentang hasil analisis data. Pengujian hipotesis dan pembahasan hasil supaya data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka penyusunan instrumen penelitiannya adalah dengan memecah variabel dan indikatornya, kemudian menjadi item-item pertayaan (data kualitatif)

Sebagaimana di atas sudah dijelaskan, bahwa proses pengumpulan data untuk tingkat keharmonisan keluarga dengan menggunakan penyebaran angket 41 responden, sedangkan untuk prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak penulis mengambil dokumen dari nilai-nilai  siswa MTs Al-Anwar pacolgowang diwek jombang.

Kemudian setelah data terkumpul, maka penulis mencoba untuk menganalisis sehingga data tersebut dapat membuktikan hipotesis yang telah di rencanakan, dan akan di fokuskan pada penjelasan terhadap rumusan masalah yang telah di kemukakan pada diskripsi data. Adapun uraianya sebagai berikut:

Berdasarkan tabel 4. 5 (tentang tingkat keharmonisan keluarga) di atas telah diketahui dari 41 siswa sampel, ternyata dari hasil nilai pengisian angket siswa berjumlah: 2979 kemudian di bagi responden 41 siswa akan menghasilkan nilai rata-rata: 73. sedangkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak di MTs Al-Anwar berdasarkan tabel 4.6 dari nilai dokumen berjumlah: 3880 kemudian di bagi responden 41 siswa aklan menghasilkan nilai rata-rata: 95.

Dengan demikian dapat di tarik kesimpulan bahwa tingkat keharmonisan keluarga dan prestasi belajar siswa bidang studi akidah akhlak di MTs A-Anwar pacolgowang diwek jombang adalah sebagai berikut:

1.      Berdasarkan  hasil pengisian angket tentang tingkat keharmonisan keluarga  tersebut, menunjukan nilai rata-rata antara: 80 - 70 sehingga dapat dikatagorikan baik sekali. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keharmonisan keluarga siswa-siswi MTs Al-Anwar pacolgowang diwek jombang tahun: 2007-2008 adalah: Baik Sekali.

2.      Berdasarkan tabel 4.6 dari dokumen siswa MTs Al-Anwar tentang prestasi belajar siswa bidang studi akidah akhlak menunjukan nilai rata-rata : 90 – 99. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa bidang studi akidah akhlak di MTs Al-Anwar pacolgowang diwek jombang tahun: 2007-2008 adalah: Baik Sekali.

Dan pada rumusan masalah yang dipertanyakan tentang adakah pengaruh yang signifikan antara tingkat keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa bidang studi akidah akhlak di MTs A-Anwar Pacolgowang Diwek Jombang Tahun: 2007-2008, 

berdasarkan tabel 4.7 dan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi prodck moment dapat di ketahui bahwa rxy = 1,.2498. dengan interprestasi menggunakan tabel nilai “r” produck moment N. 41 pada signifikasi 5% di peroleh “r” tabel = 0, 308, dan pada signifikasi 1% di peroleh ‘r’ tabel = 0, 398. dengan demikian r hit >  r tabel dalam taraf signifikan 5% dan 1%  oleh karena itu maka hipotesis Nihil (Ho) di tolak, dan Hipotesis alternatif (Hi) di trima, berarti: “ Terdapat  Pengaruh Positif yang Signifikan Antara Tingkat Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Akidah Akhlak di MTs Al-Anwar Pacolgowang Diwek Jombang Tahun: 2007-2008.”.