.post-body { line-height:1.8em; letter-spacing: 0.1px; }

Saturday, January 2, 2016

Kebersihan pangkal kesehatan

Kebersihan adalah pangkal kesehatan, baik kesehatan secara pribadi maupun kesehatan lingkungan. Telah diriwayatkan dari Rasulullah Saw Bahwa beliau bersabda:

 تنظفوا فإن ا سلام نظيف

Artinya : Bersih-bersihlah karena sesunguhnya Islam itu bersih
Dalam hadits diatas jelaslah bahwa kebersihan (kerapian) adalah ajaran Islam kepada umatnya karena dengan kebersihan akan membawa kita dalam kebahagian dan ketentraman.

Masyarakat Arab (badui) dengan segala keterbelakangannya kehidupan mereka yang  di gurun-gurun dan padang pasir yang sangat luas sehingg mempengaruhi sikap mereka sehari-hari yang keras dan sangat tidak memperhatikan kebersihan, setelah datangnya Islam sikap orang-orang Arab sedikit demisedikit meninggalkan cara hidup yang badui ke dalam kehidupan yang modern yang berkeberadapan yang tinggi.

  Kesehatan tidak akan akan ada pada seorang yang tidak memperhatikan kebersihan baik secara fisik maupun psikiologis. Maka tidahlah mengherankan sehingga Nabi Muhammad Saw bersabda:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَان
Artinya:  Kebersihan adalah bagian dari iman[1]

          Hadits diatas sangatlah jelas mengatakan bahwa kebersihan adalah bagian dari keimanan. Aktifitas keimanan seorang muslim kepada Allah Swt adalah sholat lima waktu dan tidak akan sah sholat salah seorang jika tidak melakukan kebersihan (Toharoh) baik itu tempat untuk sholat, pakaian yang digunakan dan badan yang harus bersih (suci) bahkan islam mewajibkan umat nya untuk berfudhu yaitu bersuci dari hadas kecil  ketika hendak sholat.




[1] Bunyi lengkapnya hadits tersebut adalah :
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا أَبَانُ حَدَّثَنَا يَحْيَى أَنَّ زَيْدًا حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا سَلَّامٍ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالصَّلَاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا